Jakarta, 22 Maret 2019—Pada 21 Maret kemarin, perwakilan Yayasan Lentera Anak, Margianta Surahman Juhanda Dinata (Spokeperson Gerakan Muda FCTC), berkesempatan untuk berbicara mengenai pentingnya peran pemuda Indonesia dalam advokasi pengendalian tembakau dalam acara Youth Town Hall Nasional 2019. Di dalam acara yang dinaungi oleh World Health Organization (WHO) tersebut, Margianta menyinggung bagaimana industri rokok telah merayu anak muda Indonesia selama bertahun-tahun, bahkan menjadikan anak muda Indonesia sebagai target dari pemasarannya.

“Mereka ada di sekitar kita, karena mereka tahu apa yang kita suka, dan mereka berusaha untuk membuat kita ikut (berpihak pada mereka)” ujar Margianta. Ia berkata bahwa anak muda Indonesia sudah ditargetkan secara masif oleh industri rokok melalui kegiatan-kegiatan berkedok positif seperti konser musik, beasiswa pendidikan, film, dan kegiatan olahraga seperti audisi bulutangkis.

Di dalam presentasinya, mengutip Laporan US Surgeon General 2015, Margianta juga membahas masalah iklan, promosi, sponsor rokok yang dapat mempengaruhi pikiran anak-anak dan pemuda untuk merokok. Beberapa diantaranya adalah menciptakan kesan bahwa merokok adalah baik dan biasa, mendorong anak dan remaja mulai merokok, mendorong perokok meningkatkan konsumsi rokoknya, dan mengurangi motivasi perokok untuk berhenti merokok.

Hal lain yang dibicarakan adalah temuan Riskesdas 2018 tentang jumlah prevalensi perokok anak yang meningkat dari 7,8% di tahun 2013 menjadi 9.1% di tahun 2018, atau sekitar 7.8 juta anak Indonesia. Tingginya angka tersebut dikhawatirkan Margianta akan menggagalkan upaya Indonesia untuk mencapai Bonus Demografi serta Indonesia Emas 2045, dikarenakan kualitas penduduk usia produktif yang menurun.

Di akhir pidatonya, Margianta menghimbau pemuda-pemudi Indonesia untuk lebih waspada terhadap rayuan-rayuan indutsri rokok. “Perlu diketahui bahwa tidak ada ‘makan siang gratis’ jika bicara tentang beasiswa dan sponsor industri rokok.” tambahnya. Selain itu, Margianta mengajak anak muda Indonesia untuk lebih peka, berhati-hati dan berpikir kritis terhadap strategi pemasaran industri rokok. 

Demikian siaran pers ini disampaikan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Azka (media relation officer) di nomor Hp 0878 2230 0203 atau email : azka@lenteraanak.org

 

TENTANG YOUTH TOWN HALL

Youth Town Hall bertujuan untuk menyediakan platform partisipatif bagi kaum muda untuk bertanya dan berinteraksi dengan para pemangku kepentingan utama tentang masalah kesehatan masyarakat, dan memberikan umpan balik tentang cara-cara mereka dapat terlibat dalam membentuk prioritas pembangunan kesehatan. Secara khusus, pertemuan bertujuan untuk fasilitasi dialog, mendorong umpan balik, menyuarakan beragam perspektif, dan mendiskusikan cara-cara untuk mengatasi keterlibatan pemuda dalam masalah kesehatan dan kesejahteraan mereka.

 

TENTANG GERAKAN MUDA FCTC

Gerakan Muda #FCTCuntukIndonesia adalah inisiatif sejumlah anak muda, pelajar, mahasiswa dan masyarakat dari berbagai kota di Indonesia yang bertujuan menggalang dukungan masyarakat agar pemerintah Indonesia menandatangani FCTC (Framework Convention on Tobacco Control) untuk melindungi generasi masa kini dan masa mendatang dari dampak konsumsi rokok dan paparan asap