Riau - Puskesmas Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rohil, Provinsi Riau, mengalakkan program Unit Kesehatan Siswa (UKS). Kegiatan ini bertujuan supaya siswa mendapat bekal pengetahuan tentang arti pentingnya hidup sehat.

Siswa juga diharuskan berperan aktif dalam usaha peningkatan kesehatan disekolah. Selain itu, meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan terhadap anak sekolah. "Kegiatan ini sangat baik sekali dalam menangkal pengaruh buruk narkotika, rokok, alkohol dan obat obatan berbahaya lainnya," kata Kepala Puskesmas Panipahan, dr Netty Juliana.

Dalam kunjungan ke SMPN 1 Palika, Netty mengatakan, bahwa sasaran program UKS, yakni seluruh peserta didik baik tingkat sekolah taman kanak kanak, pendidikan dasar, menengah, agama, kejuruan, maupun SLB.

Khusus untuk tingkah sekolah dasar, lanjutnya, program diprioritaskan pada kelas 1 fase penyesuaian, kelas 3 fase evaluasi dan kelas 6 fase persiapan kejenjang pendidikan selanjutnya.

Kapus juga menyerahkan 1 unit tas kit UKS berisikan 12 item barang keperluan UKS, diantaranya tensimeter, timbangan BB, stetoskop, alat pengukur TB, senter periksa, termometer, bak instrumen, tongue spatel, kaca mulut, ishira test, test snellen dan tas punggung

"Kita menerima 2 paket UKS kit yang kita berikan kepada 2 sekolah yang sudah memiliki ruangan UKS tersendiri dan tidak bergabung dengan ruangan lain," jelasnya.

Netty menambahkan, tujuan khusus kehiatan ini untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik yang mencakup penurunan angka kesakitan anak, peningkatan kesehatan peserta didik baik fisik, mental dan sosial.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan tenaga UKS meliputi 7 poin, pertama pemeriksaan kesehatan gigi, mulut, telinga, tenggorokan, kulit dan rambut kedua pemeriksaan perkembangan kecerdasan, ketiga pemberian imunisasi, keempat penemuan kasus dini, kelima pengobatan sederhana, keenam pertolongan pertama, ketujuh rujukan kepuskesmas atau rumah sakit.

Lanjutnya, pengelolaan disekolah mengikut sertakan peranserta masyarakat sekolah antara lain guru,peserta didik, karyawan sekokah, komite sekolah.

Pelaksanaan program UKS antara lain meliputi guru UKS, peserta didik, tim UKS puskesmas serta masyarakat sekolah atau komite sekolahPada tingkat puskesmas dengan koordinator pelaksana terdiri dari dokter, perawat, petugas imunisasi, pelaksana gizi serta sanitarian.

"Kami dari pihak puskesmas berharap pada pihak sekolah untuk menjaga Baik-baik alat uks kit dan melaksanakan kegiatan uks dengan sebaik mungkin dan kalau dapat kepala sekolah menyiapkan program studi banding kesekolah lain diluar kecamatan palika yang memang untuk uks nya sudah berjalan dengan baik bahkan ada yang berprestasi sampai tingkat provinsi." ungkapnya.

Tahap awal pihak sekolah dan pihak puskesmas akan melakukan bimbingan khusus pada kader uks nya seperti cara mengukur tensi, mengukur tb dan bb serta tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan disekolah sebelum melakukan rujukan.

Sumber

Tahap awal pihak sekolah dan pihak puskesmas akan melakukan bimbingan khusus pada kader uks nya seperti cara mengukur tensi, mengukur tb dan bb serta tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan disekolah sebelum melakukan rujukan. (MC Riau) - See more at: http://riaubook.com/berita/5538/tangkal-narkotika-alkohol-dan-rokok-puskesmas-panipahan-rohil-sasar-sekolah.html/halaman/2/#sthash.qbocDRVh.dpuf