JAKARTA - Kebiasaan merokok berhubungan dengan sedikitnya 25 penyakit di tubuh manusia. Seperti kanker, jantung, impotensi dan paru. Meski hanya sedikit yang dikonsumsi, risiko terkena penyakit jantung tetap tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Namun tahukah Anda, rokok juga bisa memengaruhi hubungan percintaan? Berikut ulasannya yang dilansir dari Healthline.

1. Napas menjadi bau
Nikotin pada rokok memicu gigi menjadi kuning dan nafas menjadi bau. Dengan demikian, daya tarik Anda pun menjadi berkurang. Padahal, senyum bisa memikat lawan jenis.Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat mengungkapkan, perokok memiliki risiko tinggi mengalami gangguan kesehatan gusi dan mulut.

2. 90% orang tidak suka memiliki pasangan perokok
Survei yang dilakukan situs percintaan Match.com mengungkapkan, 89% orang memilih pasangan yang tidak merokok. Bahkan 57% responden mengaku tidak akan mau berdekatan dengan perokok dan menilai merokok merupakan kesalahan yang lebih buruk dibandingkan datang terlambat atau melihat ponsel saat kencan.

3. Aroma badan yang tidak sedap
Survei di Singapura menyatakan, mereka yang tidak merokok merasa tidak betah berada lama dekat para perokok. Pasalnya, aroma badan perokok dinilai membuat mual. Selain itu, mereka juga ingin berada terpisah dari perokok di tempat umum.

4. Tingkat perceraian tinggi
Angka perceraian antara pasangan sesama perokok lebih tinggi dari angka perceraian pasangan yang tidak merokok. Sementara angka perceraian pada pasangan perokok yang menikah dengan perokok sebesar 75% lebih tinggi dibandingkan pasangan yang tidak merokok yang menikahi sesama tidak perokok sebesar 91% lebih tinggi dari pasangan yang sama-sama perokok.

5. Menyebabkan ereksi
Kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan risiko terkena disfungsi ereksi. Semakin lama merokok, semakin besar pula risiko tersebut. Hal ini disebabkan oleh racun pada rokok yang dapat mengganggu kerja jantung sebagai pemompa darah. Untuk bisa ereksi, Anda memerlukan aliran darah yang lancar.



(nfl)

Sumber